Market temperatur atau yang biasanya dikenal dengan Tipe Calon buyer, mesti anda ketahui sebelum memulai berjualan, maupun memblast product” tas yang Anda jual. baik anda berjualan dari social media lainnya, seperti instagram maupun facebook.

Jadi kalau bisa saya ibaratkan,
3 tipe customer yaitu ada
1. COLD Buyer => pembeli yang belum pernah bertransaksi dengan anda, tetapi sudah pernah mengetahui anda,
seperti pernah follow account instagram anda maupun facebook anda
2. WARM buyer => pembeli yang udah pernah nanya” doank postingan product anda tetapi belum pernah membeli,
3. HOT buyer => pembeli yang sudah pernah membeli, membeli dan membeli lagi product anda,
bisa dikatakan hot buyer adalah fan base customer anda.

Jadi, untuk penjelasan lebih detailnya

COLD MARKET

merupakan orang-orang yang mengetahui online shop Anda dari iklan yang Anda sebar. Entah itu dari iklan di Facebook, Instagram, Google, ataupun media lainnya. Nah orang-orang yang tergolong jenis “cold traffic” ini biasanya baru tertarik saja, belum tahu apa yang Anda jual, belum tahu produk apa yang Anda jual nantinya. Nah tugas kita adalah mengubah cold ke warm, artinya mengubah orang-orang yang belum tahu menjadi tahu.

Ini seperti Anda menjaring orang yang mau diprospek nantinya. Tentu dengan cara yang benar dan tidak Anda tawari “Anda mau diprospek saya”. Maka dari itu ketika kita beriklan dengan cara berbayar, ataupun dengan cara gratisan yaitu mulai menyapa contact list yang ada di contac whatsapp anda. Jangan jualan dulu. share” aja info” atau informasi penting dulu, Seperti cara menjaga kesehatan saat pandemi covid ini. dll.
yaitu konten yang lebih edukatif

WARM MARKET

Warm traffic adalah orang-orang yang sudah tahu Anda, mereka mulai like dan mengikuti Fanspage Anda, Instagram Anda, serta mulai menghubungi Anda via Whatsapp, Telgram ataupun Line untuk sekedar bertanya-tanya dan mencari tahu informasi lebih banyak tentang produk yang Anda jual.

Disini diperlukan pelayanan yang ramah, cepat, sopan dan membuat nyaman Customer agar nantinya Customer mudah dan membeli produk Anda. 

Tapi ada kalanya juga mereka tidak langsung membeli. Mungkin mereka harus meyakinkan diri mereka dahulu supaya sama sekali tidak ada keraguan untuk membeli. Eitss.. tapi Anda juga memberikan keterbatasan waktu agar orang cepat membeli produk Anda, entah itu diskon sampai tanggal berapa ataupun lainnya.

HOT MARKET

Hot traffic merupakan orang-orang yang sudah membeli produk Anda serta puas dengan pelayanan dan produk yang kita jual. Karena customer tidak bisa senang bukan hanya melulu tentang harga murah dan kualitas oke. Tetapi service yang anda berikan kepada customer juga sangat menjadi point penting untuk kesuksesan jualan Anda. Jika kita sudah memiliki database jenis ini yang banyak, itu bisa tawari produk yang lainnya atau juga bisa membuat mereka beli dan beli lagi (repeat order )

Triknya supaya mereka mau beli lagi adalah dengan memberikan diskon khusus untuk mereka ataupun bisa memberikan pelayanan/bonus lebih untuk customer yang sudah pernah membeli.

Tinggal sekarang, Anda praktekkan ke dalam online shop Anda. Sudah berapa banyak cold market sampai hot market di online shop kita?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *